Penyusunan Konsep Talent Management BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA

  • -

Penyusunan Konsep Talent Management BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA

Kegiatan Penyusunan Konsep Manajemen Talenta BKN dimaksudkan untuk memperjelas kerangka kerja, model dan instrumen yang terukur dalam pengelolaan manajemen talenta untuk para pegawai BKN. Keberhasilan untuk memperjelas kerangka dan model implementasi manajemen talenta di BKN pada dasarnya membantu peningkatan peran BKN yang lebih luas dalam mengelola pegawai secara lebih efektif dan profesional. Kejelasan kerangka dan model implementasi manajemen talenta di BKN menjadi langkah awal membangun contoh institusi pemerintah yang dapat dijadikan model penyelenggaraan implementasi manajemen talenta di Indonesia. 

 

Sebagai Talent Management  Expert, PUSBANG BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA meminta  Dr. Darmin A. Pella dan Tim untuk melakukan Penyusunan Konsep Talent Management BKN. 

 

Tantangan sebelum proyek Penyusunan Konsep Talent Management BKN dilaksanakan adalah …

  1. Bagaimana mendesain Pedoman umum di internal BKN mengenai kebutuhan Talent Management BKN, berisikan tujuan, ruang lingkup, TOR juga harus berisikan rencana kegiatan dengan kerangka waktu yang jelas.
  2. Bagaimana memetakan  kebutuhan posisi-posisi kunci, kriteria objektif yang digunakan untuk posisi-posisi kunci dalam organisasi BKN (kompetensi , kinerja , potensi dll ) serta metode akuisisi talenta.
  3. Bagaimana memperjelas instrumen / alat bantu yang diperlukan untuk pencapaian tujuan pengembangan talent pool BKN.
  4. Bagaimana memperjelas metode asesmen dan seleksi para pegawai BKN untuk masuk ke dalam talent pool BKN.

 

Penyusunan konsep manajemen talenta di BKN juga berfungsi sebagai fondasi pelaksanaan talent pool di BKN. Program pusat pengembangan talenta talent pool bertujuan memastikan pegawai BKN paling potensial diberikan perlakuan berupa pendidikan, pelatihan, eksposur pengalaman kerja, penugasan, pemberdayaan, dan seterusnya untuk mengoptimumkan secepat-cepatnya kompetensi dan kinerja sedemikian sehingga dapat memberikan kontribusi optimum kepada BKN dan pada saat yang sama mencapai tujuan-tujuan pribadi pegawai.

Dengan maksud yang diterangkan diatas, BKN  ingin mengembangkan, menetapkan model kerangka dan menyusun konsep manajemen talenta yang sesuai untuk diimplementasikan pada struktur organisasi BKN. Kerangka kerja ini berhubungan dengan sistem rekrutmen, sistem pengembangan dan sistem retensi talenta-talenta BKN. Penyusunan konsep manajemen talenta diawali dengan studi dokumen-dokumen BKN (Renstra, dll) sebagai dasar diskusi dalam workshop kebutuhan manajemen talenta BKN, pemilihan instrumen yang akan digunakan, audit kegiatan aktual manajemen talenta BKN yang sudah berjalan selama ini dan juga proses penulisan laporan audit untuk sistem kompetensi, penilaian, pengembangan, karir dan sistem informasi manajemen SDM di BKN. Kegiatan penyusunan konsep manajemen talenta dilanjutkan dengan identifikasi dan penetapan model serta kerangka kerja manajemen talenta BKN dan identifikasi model kompetensi untuk posisi kunci struktural dan fungsional BKN. Kegiatan diakhiri dengan penetapan metode assesmen talenta dan seleksi talent pool BKN untuk posisi struktural dan fungsional serta ditutup dengan presentasi kepada pimpinan tinggi BKN mengenai konsep manajemen talenta BKN.

Proses Penyusunan Konsep Talent Management BKN dilakukan melakui  serangkaian focus group discussion, di isi dengan berbagai topik praktis, menarik, dan menantang untuk menjawab kebutuhan Penyusunan Konsep Talent Management BKN dan diikuti dengan perbaikan, penajaman dan penulisan laporan oleh tim konsultan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan presentasi, diskusi,  perbaikan dan finalisasi. 

Hasil kegiatan adalah : 

  1. Laporan audit untuk sistem kompetensi, penilaian, pengembangan karir dan sistem informasi SDM di BKN.
  2. Laporan audit praktek manajemen talenta yang sudah berjalan di BKN.
  3. Penetapan model dan kerangka manajemen talenta di BKN.
  4. Penetapan posisi kunci struktural dalam organisasi BKN.
  5. Penetapan posisi kunci fungsional dalam organisasi BKN.
  6. Identifikasi model kompetensi posisi kunci Struktural dalam organisasi BKN.
  7. Identifikasi model kompetensi posisi kunci Fungsional dalam organisasi BKN.
  8. Identifikasi metode assesmen dan seleksi talenta talent Pool BKN (Struktural dan Fungsional).

 

Kode Keamanan:
security code
Silakan masukkan kode keamanan:

Kirim

 

 

 


Berlangganan Newsletter

Workshop/Training